Senin, 21 November 2011

SHAMPO 2 in 1

Banyak iklan produk shampo yang dijual di pasaran, yang menawarkan keunggulan maisng-masing. Ada yang menawarkan keunggulan dari produk shampo 2 in 1. Shampoo 2 in 1 ini dikatakan dalam iklan lebih baik daripada shampo biasa. Apakah pernyataan tersebut benar adanya?
Memang, dari segi kepraktisan, shampo 2 in 1 lebih hemat dari segi waktu maupun biaya daripada shampo biasa. Kita bisa mendapatkan shampo sekaligus konditioner dalam satu botol, sehingga penggunaan pun lebih praktis. Jika menggunakan shampo biasa, jika ingin menggunakan konditioner maka pemakaian konditioner dilakukan setelah membilas rambut dari busa shampo. Oleh karena itu memakai shampo 2 in 1 yang berisi shampo sekaligus konditioner ini jauh lebih hemat dari segi waktu dan biaya. Tapi, apakah itu juga akan menghasilkan hasil yang lebih baik pada rambut?
Shampo dan konditioner memiliki fungsi dan komposisi yang berbeda. Shampo bertujuan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran dan minyak. Sedangkan fungsi dari konditioner adalah untuk melembabkan rambut dan membuat rambut tampak lebih halus dan mudah diatur. Oleh karena itu, setelah memakai shampo, dianjurkan untuk memakai konditioner agar rambut tidak terkesan kering berlebihan akibat shampo.

Shampo mengandung surfaktan yang lebih kuat daripada surfaktan pada konditioner, sehingga dapat membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran dan minyak. Surfaktan tersebut akan membentuk busa dan mengangkat kotoran dan minyak. Oleh karena itu, karena shampo mengangkat minyak dari kepala, shampo akan meninggalkan kesan kering pada rambut. Rambut akan terdapat seperti muatan elektrostatik. Untuk menggantikan lemak yang telah hilang oleh shampo ini, maka diperlukan Konditioner. Konditioner ini biasanya terdiri dari surfaktan sekunder amfolitik yang memiliki daya berbusa rendah, senyawa organosilikon seperti dimetikon, polimer-polimer. Konditioner ini akan membuat rambut bersih tanpa kering berlebihan akibat shampo, lebih lembut, mengkilap, dan wangi.
Dengan dua mekanisme kerja yang berbeda, maka dapatkah dibayangkan jika shampo dan konditiner dalam satu wadah dan pemakaian yang bersamaan? Jika shampo dan konditioner dipakai bersamaan sekaligus seperti pada shampoo 2 in 1 ini, maka kerja shampo tidak akan maksimal. Shampo yang seharusnya dapat mengangkat kotoran dan lemak/minyak dari kepala akan terhalang oleh adanya konditioner. Oleh karena itu, pemakaian shampo dan konditioner hendaknya terpisah agar shampo dan konditioner dapat bekerja sebagaimana semestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar